Market Lesu, Metaplanet Gencar Beli US$2,48 Juta Bitcoin (BTC)



Metaplanet, perusahaan investasi asal Jepang, membuktikan komitmennya untuk terus mengoleksi Bitcoin (BTC) sebagai aset cadangan strategisnya. Dalam utas di X/Twitter, perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah membeli tambahan 42,47 Bitcoin (BTC) dengan harga rata-rata sebesar 9,41 juta yen atau sekitar US$58.500 per BTC. Jumlah tersebut mewakili 400 juta yen atau sekitar US$2,48 juta.

Aksi ini menjadi pembelian pertama oleh Metaplanet di bulan Juli. Sebelumnya pada bulan Juni, perusahaan juga telah melakukan pembelian Bitcoin secara agresif. Sejak memutuskan untuk mengadopsi Bitcoin sebagai aset cadangan perbendaharaannya bulan Mei lalu, perusahaan secara berkelanjutan membeli Bitcoin di pasar dalam jumlah besar.

Awal Juni lalu, Metaplanet mengumumkan telah memborong sebanyak 23,2351 Bitcoin dengan dana investasi sebesar 250 juta yen atau sekitar Rp25,94 miliar (nilai saat itu). Kemudian di akhir Juni, perusahaan menyatakan pihaknya siap menambah lagi kepemilikannya karena sudah memiliki amunisi yang cukup berupa surat utang senilai 1 miliar yen.

“Total Bitcoin yang dimiliki hingga 8 Juli mencapai 203,73 BTC dengan nilai rata-rata pembelian sebesar 10,06 juta yen. Nilai agregat BTC yang dimiliki Metaplanet mencapai 2,05 miliar yen (setara US$12,73 juta),” tulis laporan tersebut.

Harga Bitcoin Tengah Bergerak Liar

Jika mengacu pada harga pasar saat ini, berdasarkan pantauan BeInCrypto, harga Bitcoin diperdagangkan pada level US$57.429. Sementara berdasarkan data Metaplanet, harga rata-rata pembelian BTC mereka berada di kisaran US$62.508 atau 8,8% lebih tinggi dari harga pasar.

Meski demikian, perusahaan tetap bersikukuh untuk terus menjadikan Bitcoin sebagai salah satu cadangan asetnya. Hal ini bisa dipahami, karena ekonomi Jepang sendiri, yang merupakan basis bisnis dari Metaplanet, tengah mengalami tekanan yang cukup hebat. Laporan AP News menyebutkan, di kuartal pertama tahun ini, perekonomian Negeri Sakura menyusut sebesar 1,8% secara tahunan.

Sementara jika dilihat secara kuartalan, ekonomi Jepang sudah merosot 0,5%. Hal ini terjadi berbarengan dengan melemahnya nilai mata uang yen terhadap dolar yang pada akhirnya juga memberikan tekanan pada sisi impor barang. Hadirnya Bitcoin dipandang mampu menjaga nilai kekayaan di tengah himpitan ekonomi yang melanda.

Bagaimana pendapat Anda tentang Metaplanet yang membeli 42,46 Bitcoin di tengah pasar yang lesu? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *