Metaplanet Adopsi Bitcoin sebagai Aset Cadangan Strategis



Metaplanet, perusahaan publik yang listing di Bursa Efek Tokyo, mengumumkan bahwa mereka mengadopsi Bitcoin (BTC) sebagai aset cadangan perbendaharaan strategisnya.

Hal ini dilakukan sebagai lindung nilai terhadap beban utang Jepang yang mengakibatkan volatilitas mata uang yen.

“Kami telah mengadopsi Bitcoin sebagai aset cadangan strategis. Langkah ini merupakan respons langsung terhadap tekanan ekonomi yang berkelanjutan di Jepang, terutama tingginya tingkat utang pemerintah, periode suku bunga riil negatif yang berkepanjangan, dan akibatnya melemahnya yen,” jelas Metaplanet pada hari Senin (13/5).

Jepang telah mengalami kesulitan ekonomi. Saat ini, Negeri Sakura memegang rasio utang pemerintah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tertinggi di antara negara-negara maju sebesar 254,6%. Hal itu berkontribusi pada jatuhnya yen Jepang ke level terendah dalam 34 tahun terakhir.

Sejak bulan April 2024, Metaplanet telah mengakuisisi 117,7 BTC yang bernilai sekitar US$7,19 juta. Aksi ini mengikuti strategi yang telah diterapkan MicroStrategy di Amerika Serikat (AS).

Sebagai informasi, Metaplanet adalah sebuah perusahaan investasi tahap awal, yang telah beralih dari keterlibatan apa pun di dunia Web3 menjadi hanya berfokus pada Bitcoin di samping paparan terhadap real estate komersial.

Dylan LeClair, yang sebelumnya dikenal sebagai Head of Market Research di Bitcoin Magazine, pada 7 Mei lalu mengumumkan bahwa dia menjabat sebagai Direktur Strategi Bitcoin Metaplanet.

Metaplanet menyatakan bahwa ketika yen terus melemah, Bitcoin menawarkan penyimpanan nilai non-negara yang memiliki, dan mungkin terus, terapresiasi terhadap mata uang fiat tradisional.

Mereka menilai strategi Bank of Japan (BoJ) untuk mempertahankan suku bunga tetap rendah sambil melakukan intervensi di pasar valuta asing (valas) mewakili sebuah paradoks moneter yang tidak berkelanjutan.

Metaplanet berencana memiliki Bitcoin dalam jangka panjang untuk memastikan realisasi keuntungan kena pajak minimal. Mereka turut berupaya memperoleh lebih banyak Bitcoin dengan menerbitkan obligasi yen jangka panjang ketika ada peluang.

“Opsi strategis ini untuk terus mengakumulasi lebih banyak Bitcoin daripada mempertahankan yen yang semakin lemah. Pendekatan ini dirancang untuk menghasilkan keuntungan berdasarkan Bitcoin per saham, yang mendukung nilai pemegang saham dalam jangka panjang,” kata pihak Metaplanet.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *