5 Token Unlock Kripto Wajib Dipantau Pekan Ini, Apa Imbasnya?


Token unlock adalah pelepasan token yang sebelumnya terkunci berdasarkan ketentuan penggalangan dana. Setiap proyek menjadwalkan agenda rilis token ini dengan hati-hati guna menghindari tekanan pasar dan mencegah penurunan harga token.

Adapun faktor-faktor seperti kurangnya likuiditas maupun aksi ambil untung dini dari kalangan investor awal faktanya bisa berdampak signifikan pada dinamika aset. Berikut adalah 5 agenda token unlock besar yang wajib dipantau sepekan ke depan.

AltLayer (ALT)

  • Tanggal unlock: 25 Juni
  • Jumlah token unlock: 105,21 juta ALT
  • Pasokan beredar saat ini: 1,5 miliar ALT

AltLayer adalah protokol terdesentralisasi yang meningkatkan skalabilitas blockchain melalui konsep Restaked Rollups. Protokol ini mengintegrasikan rollup dari beberapa stack, seperti OP Stack dan Arbitrum Orbit. Dengan begitu, mereka mampu memperbesar kualitas keamanan, desentralisasi, dan interoperabilitasnya dengan memanfaatkan mekanisme restaking.

Pada 25 Juni, AltLayer siap menggelar agenda unlock untuk lebih dari 100 juta token ALT. Adapun alokasi token-token ini yakni untuk treasury, komunitas, dan pengembangan ekosistem.

ALT unlock
Token Unlock ALT | Sumber: token.unlocks

Yield Guild Games (YGG)

  • Tanggal unlock: 27 Juni
  • Jumlah token unlock: 16,69 juta YGG
  • Pasokan beredar saat ini: 372 juta YGG

Yield Guild Games (YGG) adalah komunitas gaming yang beroperasi dengan model play-to-earn (P2E). YGG menyatukan para gamer di seluruh penjuru dunia dan memungkinkan mereka untuk meraup reward berupa kripto. Caranya sesimpel berpartisipasi dalam berbagai game blockchain. Selain itu, YGG juga berinvestasi dalam aset NFT, seperti item in-game dan tanah virtual. Aset-aset ini kemudian dapat dipinjam dan digunakan oleh anggota guild guna menunjang aktivitas bermain game mereka.

Dalam beberapa hari mendatang, YGG bakal melaksanakan token unlock dalam jumlah fantastis. Token-token ini akan didistribusikan kepada komunitas, pengembang, investor, dan treasury, yang akan semakin mendukung pertumbuhan guild dan perkembangan ekosistemnya.

YGG unlock
Token Unlock YGG | Sumber: token.unlocks

SingularityNET (AGIX)

  • Tanggal unlock: 28 Juni
  • Jumlah token unlock: 8,57 juta AGIX
  • Pasokan beredar saat ini: 1,28 miliar AGIX

SingularityNET adalah platform blockchain terdesentralisasi yang dirancang untuk mengembangkan dan menjadi host untuk aplikasi AI. Native token platform ini, AGIX, berperan penting dalam transaksi, tata kelola, dan memberi reward kepada operator node yang memelihara dan mengembangkan jaringan. Tak hanya itu, SingularityNET juga mendukung fungsionalitas lintas rantai (cross-chain). Sehingga, ini memungkinkan token AGIX beroperasi di jaringan Cardano maupun Ethereum.

Pada tanggal 28 Juni mendatang, akan ada peristiwa penting bagi holder token AGIX: distribusi token yang telah melalui unlock kepada para partisipan program reward AGIX-ADA. Adapun tujuan dari inisiatif ini adalah untuk memberikan insentif dan reward atas keterlibatan komunitas serta kontribusi mereka terhadap pengembangan dan ekspansi platform.

AGIX unlock
Token Unlock AGIX | Sumber: token.unlocks

Optimism (OP)

  • Tanggal unlock: 30 Juni
  • Jumlah token unlock: 31,34 juta OP
  • Pasokan beredar saat ini: 1,08 miliar OP

Optimism adalah solusi penskalaan layer-2 (L2) yang dirancang untuk menggenjot kecepatan sekaligus memangkas biaya transaksi di mainnet Ethereum. Token OP memainkan peran penting dalam tata kelola. Sebab, solusi L2 ini memungkinkan holder untuk memberikan suara (vote) pada proposal serta keputusan yang membentuk pengembangan dan manajemen jaringan.

Pada tanggal 30 Juni kelak, Optimism akan menambah pasokan token OP yang beredar sebanyak lebih dari 30 juta. Menurut TokenUnlocks, proyek ini akan mendistribusikan alokasi token ini kepada investor dan kontributor inti. Gunanya tak lain untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan jaringan sendiri. Namun, anggota komunitas kripto memperingatkan soal peluang konsekuensi dari gelaran unlock ini. Mereka mengacu pada situasi likuiditas di berbagai crypto exchange besar.

Spread likuiditas di Binance saat ini sangat buruk sehingga harga aset seperti $OP $ARB $APT $SUI bisa anjlok 30-70% jika investor mereka memutuskan untuk melepas bahkan hanya 5% token dari unlock bulanan mereka… Dan mereka bisa saja melakukannya juga di seluruh tren turun.. Kita tidak pernah tahu,” catat hiteshi.eth.

OP unlock
Token Unlock OP | Sumber: token.unlocks

Ethena (ENA)

  • Tanggal unlock: 30 Juni
  • Jumlah token unlock: 14,89 juta ENA
  • Pasokan beredar saat ini: 1,7 miliar ENA

Ethena adalah protokol mata uang sintetis yang dibangun di atas Ethereum. Protokol ini menyuguhkan solusi aset kripto native yang tidak bergantung pada sistem perbankan tradisional. Tak berhenti sampai di situ, Ethena juga menyediakan instrumen tabungan berdenominasi dolar yang disebut ‘Internet Bond’ bagi pengguna global.

Token ENA memungkinkan para holder untuk memberikan suara atas proposal tata kelola. Sementara, di tanggal 30 Juni nanti, proyek siap menggelar unlock pada hampir 15 juta ENA yang didedikasikan untuk pengembangan ekosistem.

ENA unlock
Token Unlock ENA | Sumber: token.unlocks

Tak berhenti sampai di situ, gelaran unlock lainnya untuk minggu ini meliputi Echelon Prime (PRIME), Acala (ACA), dan Tornado Cash (TORN), totalnya US$108 juta lebih.

Walaupun agenda token unlock kerap dianggap bearish, jadwal yang terencana dengan baik tentunya berpotensi meningkatkan keberlanjutan jangka panjang sebuah proyek. Selaras dengan tonggak pencapaian dan juga kemajuan pengembangan, token unlock akan memotivasi anggota tim, memupuk keterlibatan komunitas, hingga memacu pertumbuhan ekosistem.

Bagaimana pendapat Anda tentang agenda token unlock pekan ini dan efeknya ke harga? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *