Investor Ritel Dorong Ledakan ETF Bitcoin, Dominasi 80% Permintaan Pasar


Penelitian terbaru Binance mengungkapkan bahwa ETF Bitcoin kini menyumbang rata-rata 26,4% dari volume perdagangan spot BTC, dengan puncak sesekali mencapai hingga 62,6%. Perubahan ini telah berkontribusi pada dominasi pasar Bitcoin yang semakin meningkat.

Kinerja ETF Bitcoin telah melampaui ETF Emas di awal peluncurannya, dengan arus masuk bersih melebihi US$18,9 miliar dalam kurang dari setahun. Lebih dari 1.200 institusi telah berinvestasi dalam ETF Bitcoin, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 95 institusi yang mendukung ETF Emas pada tahap awalnya.

Investasi ETF Bitcoin Didominasi oleh Investor Ritel 

Investor ritel mewakili 80% dari permintaan untuk ETF Bitcoin, sementara keterlibatan institusional telah tumbuh 30% sejak kuartal pertama. Penasihat investasi mengalami pertumbuhan terbesar, dengan peningkatan kepemilikan sebesar 44,2%.

Baca Juga: Apa Itu ETF Bitcoin?

Meskipun mungkin memerlukan waktu bertahun-tahun untuk sepenuhnya mengintegrasikan ETF Bitcoin ke dalam broker-dealer, bank, dan penasihat, proses bertahap ini diharapkan akan mendorong adopsi yang lebih luas dalam jangka menengah, menurut laporan Binance Research yang dibagikan dengan BeInCrypto.

Bitcoin etf
Kepemilikan Institusional vs Non-institusional dari ETF BTC | Sumber: Binance

Minat investor terhadap aset kripto melalui ETF terus meningkat, dengan 45% investor ETF berencana untuk mengalokasikan ke aset digital dalam tahun mendatang. Hal ini menempatkan ETF kripto sebagai kelas aset paling populer kedua setelah saham, mengungguli obligasi dan investasi alternatif dalam permintaan.

“Emas mengumpulkan lebih dari 1 juta ons dalam arus masuk ETF minggu lalu, yang terbesar sejak Oktober 2022—sungguh luar biasa! Sejarah menunjukkan ketika hype emas mereda, Bitcoin biasanya meledak. BTC sedang berada di antara US$50K dan US$70K sejak April, sementara emas dan perak terus meningkat. Dengan aliran masuk solid US$2 miliar ke ETF Bitcoin baru-baru ini, orang-orang bersemangat bahwa setelah pemilihan umum AS, BTC mungkin akhirnya akan melewati rekor tertinggi sebelumnya,” tulis influencer Mario Nawfal dalam sebuah post X (sebelumnya Twitter)

Penelitian juga menunjukkan bahwa milenial mendominasi demografi investasi ETF kripto. Lebih dari 62% investor di ruang ini berasal dari demografi ini. Sebaliknya, Baby Boomers menunjukkan minat yang jauh lebih rendah.

Arus masuk ETF telah menjadi indikator pasar kunci untuk aset kripto, karena sering menandakan pergeseran tren pasar. Fluktuasi dalam arus masuk dan keluar ETF telah erat kaitannya dengan pergerakan harga dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Bagaimana Cara Berinvestasi di ETF Ethereum?

Dibandingkan, ETF Ethereum telah melihat permintaan yang lebih lemah. Arus keluar Ethereum mencapai hampir US$103,1 juta dalam beberapa bulan terakhir. Penting untuk dicatat, ETF Ethereum mencatat arus bersih negatif dalam 8 dari 11 minggu terakhir.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *