Ditopang Harga Bitcoin, Jumlah Jutawan Kripto Tumbuh 95%



Jumlah investor yang berhasil meningkatkan kekayaannya dari kripto mengalami peningkatan signifikan dalam satu tahun terakhir. Laporan CNBC mengungkap, populasi jutawan kripto saat ini sudah mencapai 172.300 orang yang tersebar di seluruh dunia. Capaian ini memperlihatkan peningkatan 95% secara tahunan.

Sebagai informasi, predikat jutawan kripto merujuk pada seseorang yang memiliki aset kripto senilai lebih dari US$1 juta atau sekitar Rp15,5 miliar. Mengutip laporan New World Wealth dan Henley & Partners, jumlah kelompok ini bertambah secara signifikan tahun ini. Pada tahun lalu, jumlahnya hanya mencapai 88.200 investor.

Peluncuran produk exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot dan meningkatnya harga Bitcoin (BTC) menjadi katalis utama peningkatan ini. Sejak Januari sampai 27 Agustus, harga aset kripto nomor wahid ini sudah berhasil terkerek 49,47%, dari US$42.208 di awal tahun menjadi US$63.089 pada perdagangan hari ini (27/8).

Kepala Penelitian New World Health, Andrew Amoils, menyatakan enam miliarder kripto baru yang muncul dalam setahun terakhir, lima di antaranya memiliki keterkaitan dengan Bitcoin. Hal ini menegaskan bahwa meskipun volatilitas tinggi, BTC tetap mampu menarik pandangan optimistis dari para hodler.

Baca Juga: Korban Bitconnect Bakal Dapat Kompensasi Senilai Total US$17 Juta

Jumlah Jutawan Bitcoin Murni Meningkat 2x Lipat

Sementara itu, jumlah mereka yang berhasil meningkatkan kekayaan hanya dari Bitcoin terpantau meningkat lebih agresif. Data menguak bahwa dalam 1 tahun terakhir, jumlah jutawan Bitcoin murni meningkat menjadi 85.400 orang, atau tumbuh lebih dari 2x lipat.

“Saat ini, terdapat 325 centimiliuner kripto (dengan nilai kekayaan lebih dari US$100 juta) dan 28 miliarder kripto,” demikian isi laporan tersebut.

Di sisi lain, laporan Forbes mencatat bahwa orang terkaya di industri kripto masih digenggam oleh Changpeng Zhao (CZ). Mantan CEO Binance ini diprediksi memiliki nilai kekayaan sebesar US$33 miliar.

Menariknya, dalam satu tahun terakhir, CZ berhasil meningkatkan kekayaannya hampir tiga kali lipat. Pada tahun 2023, Forbes melaporkan nilai kekayaan CZ sebesar US$10,5 miliar. Sedangkan Brian Armstrong, CEO crypto exchange global Coinbase, berada di peringkat ke-2 sebagai orang terkaya di industri kripto dengan nilai kekayaan mencapai US$11,2 miliar.

Bagaimana pendapat Anda tentang bertambahnya jumlah jutawan kripto secara global ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *