Millennium Management Jadi Raja Pemegang ETF Bitcoin Spot



Hedge fund Millennium Management ternyata telah menggelontorkan hampir US$2 miliar ke produk exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot yang diperdagangkan di Amerika Serikat (AS) pada kuartal I/2024.

Millennium Management didirikan dan dipimpin oleh legenda Wall Street Israel ‘Izzy’ Englander. Per 31 Maret lalu, Hedge fund ini memiliki aset senilai US$1,94 miliar yang tersebar di 5 produk ETF Bitcoin spot.

Setidaknya, Millennium Management membeli produk ETF Bitcoin spot yang dikelola ARK 21Shares (ARKB), Bitwise (BITB), Fidelity (FBTC), Grayscale (GBTC), dan BlackRock (IBIT).

Millennium Management memiliki sekitar US$844 juta dalam IBIT. Mereka juga memegang US$807 juta di FBTC, US$202 juta di GBTC, serta US$45 juta di ARKB dan US$45 juta di BITB.

Meski tergolong cukup besar, nilai fair market dari saham-saham ETF Bitcoin spot itu hanya mencakup 3% dari total aset yang dikelola (AUM) Millennium Management senilai US$64 miliar.

Menariknya, ada kesimpangsiuran tentang aset kelolaan Millennium Management, yang mungkin saja mencapai US$505,94 miliar. Dengan perhitungan itu, ETF Bitcoin spot hanya 0,38% dari total AUM Millennium Management.

Lebih dari 500 Perusahaan Investasi Profesional Punya ETF Bitcoin Spot

Eric Balchunas, analis ETF senior di Bloomberg Intelligence, mengatakan Millennium Management adalah raja pemegang ETF Bitcoin spot untuk saat ini.

Dia mencatat terdapat lebih dari 500 perusahaan investasi profesional menjadi pemegang ETF Bitcoin spot. Mayoritas adalah penasihat investasi (60%), tetapi ada juga dari kalangan hedge fund (25%).

Julian Fahrer, co-founder dan CEO Apollo yang mengulas tentang Bitcoin dan Lightning Network (LN), memperkirakan jajaran teratas pemilik ETF Bitcoin spot pada kuartal I/2024 adalah Millennium Management, Susquehanna International Group (SIG), Horizon Kinetics, Bracebridge Capital, dan Boothbay.

Sementara itu, menurut Bitwise sudah ada 563 perusahaan investasi profesional yang melaporkan memiliki ETF Bitcoin spot senilai US$3,5 miliar.

“Pada batas waktu pengajuan 15 Mei 2024, kita dapat melihat lebih dari 700 perusahaan dan AUM mendekati US$5 miliar,” jelas Bitwise.

Bitwise menjelaskan skala kepemilikan ETF Bitcoin spot tidak masuk akal untuk produk ETF baru. Pasalnya, kebanyakan ETF menarik sangat sedikit pelaporan pengungkapan kepemilikan dalam beberapa bulan pertama.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *