9 Kebiasaan Pagi yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi dalam Sebulan



loading…

Sejumlah kebiasaan pagi bisa menurunkan kolesterol tinggi dalam sebulan sehingga mengurangi risiko masalah kesehatan. Mulai dari stroke, serangan jantung. Foto/Times of India

JAKARTA – Sejumlah kebiasaan pagi bisa menurunkan kolesterol tinggi dalam sebulan sehingga mengurangi risiko terkena masalah kesehatan serius. Mulai dari stroke, hingga serangan jantung yang mematikan.

Kolesterol merupakan zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah.

Seiring waktu, penumpukan ini dapat menyebabkan penyumbatan dan, pada akhirnya, serangan jantung atau stroke. Dengan menjaga kadar kolesterol melalui pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan, jika perlu, pengobatan, Anda dapat membantu melindungi jantung dan menjaga tubuh tetap sehat.

Kebiasaan Pagi yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi dalam Sebulan

Berikut kebiasaan pagi yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dalam sebulan dilansir dari Times of India, Kamis (16/5/2024).

1. Sarapan Sehat

Memulai hari dengan sarapan bergizi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Pilihlah makanan yang kaya serat larut, seperti oatmeal dengan topping buah segar atau roti gandum utuh dengan brokoli. Serat larut membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, mengonsumsi hanya lima hingga 10 gram serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol jahat sekitar 5 persen.

2. Minum Segelas Jus Jeruk

Segelas jus jeruk segar di pagi hari juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Jeruk kaya akan flavonoid, yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, minum 750 ml jus jeruk setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat secara signifikan.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *