Kenarok Upaya Kemenparekraf Dorong UMKM Berkembang



loading…

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara Temu Bisnis Kemitraan Nasional Rantai Pasok (Kenarok) di Mal Living World, Tangerang. Foto/Wiwie Heriyani

TANGERANG – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara Temu Bisnis Kemitraan Nasional Rantai Pasok (Kenarok) di Mal Living World, Tangerang, Jumat (26/7/2024) sebagai upaya nyata untuk mendorong perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf Syaifullah Agam mengatakan, Kenarok digelar dengan melibatkan berbagai pihak. Seperti Pemerintah Daerah Banten untuk membangun atau mendorong kemitraan antara industri besar dan juga UMKM .

“Kita ingin membangun platform ini bukan hanya kepemilikannya di Kemenparekraf. Tapi untuk ke Pemda (Pemerintah Daerah) provinsi, habis itu Pemda kota, kabupaten, swasta, itu kita libatin semua,” kata Syaifullah.

“Jadi kita makanya menjadi mitra nasional. Nah kita ingin semangat ini menular ke semua pihak atau pemangku kepentingan. Sehingga membangun atau mendorong kemitraan antara industri besar dan juga UMKM. Jadi kita memberikan kesempatan kepada mereka, termasuk dalam proses rantai produksinya,” sambungnya.

Syaifullah juga berharap, acara Kenarok di Banten ini bisa membuat keberadaan industri besar jadi dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Termasuk pelaku usaha yang lebih kecil.

“Dan kita berharap dengan adanya B2B dan B2C, untuk membangun awareness, makanya kita di mall. Dan kami didukung oleh banyak pihak,” jelasnya.

“Ini juga merupakan program yang memberikan manfaat besar bagi kita semua, dan semoga acara hari ini sampai dengan tiga hari ke depan bisa berjalan dengan sangat baik dan juga bisa memberikan manfaat bagi kita semua,” lanjutnya.

Syaifullah juga berharap, acara Kenarok ini akan terus berlanjut di provinsi Banten dan juga provinsi-provinsi lainnya. Sehingga, bisa memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk berkembang.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *