10 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Serai dan Cara Menggunakannya



loading…

Serai bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang terbukti secara ilmiah. Serai tanaman herbal yang banyak digunakan dalam masakan Asia dan pengobatan tradisional. Foto/Getty Images Mixa

JAKARTA – Serai bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang terbukti secara ilmiah. Serai adalah tanaman herbal yang banyak digunakan dalam masakan Asia dan pengobatan tradisional.

Selain memberikan aroma dan rasa yang khas pada masakan, serai juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Mulai dari mengatasi gangguan pencernaan hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun, seperti halnya dengan penggunaan herbal lainnya, penting untuk menggunakan serai dengan bijak dan tidak berlebihan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Berikut adalah 10 manfaat serai untuk mengatasi berbagai penyakit serta efek samping yang perlu diwaspadai dilansir dari Mayo Clinic, Senin (15/7/2024).

10 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Serai dan Cara Menggunakannya

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Serai dikenal mampu meredakan berbagai gangguan pencernaan seperti kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya. Kandungan senyawa anti-inflamasi dalam serai membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan.

Cara menggunakannya, minum teh serai secara teratur atau tambahkan serai dalam masakan.

2. Mengurangi Nyeri

Serai memiliki sifat analgesik yang bisa membantu meredakan nyeri, baik nyeri otot, sendi, maupun sakit kepala. Minyak esensial serai dapat dioleskan pada area yang sakit atau dijadikan bahan pijat.

3. Menurunkan Kolesterol

Kandungan flavonoid dalam serai membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Untuk mendapatkan maaft ini, konsumsi teh serai secara teratur.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Serai memiliki efek diuretik yang membantu menurunkan tekanan darah dengan cara mengeluarkan kelebihan garam dan air dari tubuh. Minum rebusan serai secara teratur untuk menurunkan tekanan darah.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *