Muncul Analisis Negatif tentang Worldcoin (WLD)


DeFi^2, sosok yang mengaku sebagai trader nomor 1 di crypto exchange Bybit, pada hari Selasa (14/5) pukul 00:43 WIB menerbitkan analisis yang bernada negatif terkait proyek Worldcoin (WLD).

Dia mengejek proyek identitas digital Worldcoin yang secara realistis mungkin menjadi transfer kekayan terbesar di siklus ini.

“Sayangnya, transfer kekayaan itu tidak dalam bentuk pendapatan dasar universal (universal basic income / UBI) seperti yang disarankan dalam misi mereka, melainkan ke kantong tim dan orang dalam [insiders proyek Worldcoin],” tulis DeFi^2.

Menurutnya, selain menjadi proyek yang menipu dan tidak memiliki kaitan nyata dengan proyek artificial intelligence (AI) OpenAI seperti yang diasumsikan banyak orang, banyak juga yang masih belum menyadari betapa agresifnya token WLD kemungkinan akan dijual karena token unlock terus meningkat dalam beberapa bulan mendatang.

Sorotan negatif terhadap WLD muncul ketika OpenAI memperkenalkan GPT-4o pada hari Senin (13/5) yang diklaim memiliki kemampuan yang jauh lebih cepat dalam bidang teks, suara, dan penglihatan.

Sementara itu berdasarkan data CoinGecko, harga WLD, yang bertengger di sekitar US$5,2 per token, turun sekitar 5,1% dalam 24 jam terakhir dan turun 13% dalam 7 hari terakhir.

Pergerakan harga Worldcoin (WLD) | Sumber: CoinGecko

Perhitungan Hiperinflasi Token WLD

DeFi^2 membagikan beberapa perhitungan mengenai hiperinflasi pada token WLD.

Pertama, dengan valuasi terdilusi penuh (FDV) yang sempat mencapai US$60 miliar saat harganya di level US$6, saat ini token WLD sedang terdevaluasi sebesar 0,6% per hari dari emisi hibah dan klaim operator (yang sebagian besar langsung dijual berdasarkan analisis on-chain).

Kedua, Worldcoin Foundation baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menjual token WLD senilai US$200 juta lebih banyak kepada perusahaan perdagangan. Ini adalah tambahan 18% dari seluruh pasokan yang beredar yang dijual dengan harga diskon kepada pihak counterparty.

DeFi^2 menyebut token senilai US$200 juta itu berasal dari alokasi pasokan WLD yang diberi nama ‘komunitas’, tetapi dijual kepada counterparty untuk menguntungkan Worldcoin Foundation.

Ketiga, hal yang paling penting menurut DeFi^2, hanya dalam 70 hari ketika alokasi token untuk venture capital (VC) dan tim mulai dibuka, pasokan WLD akan mulai meningkat sebesar 4% per hari. Itu hampir US$50 juta per hari dari tekanan penjualan tanpa henti terhadap token WLD yang diharapkan dapat diuangkan oleh orang dalam pada FDV US$60 miliar.

WLD Dituduh Miliki Tokenomics Predator

Menurut DeFi^2, token kripto seperti WLD dirancang sejak awal untuk memiliki tokenomics predator yang menguntungkan tim dan investor awal.

DeFi^2 menyoroti bahwa pada Desember 2023, Worldcoin Foundation dengan sengaja mengakhiri kontrak market maker yang mencegah harga WLD naik lebih tinggi pada low float.

“Desain manipulatif dengan low float / FDV tinggi sesuai pedoman Sam Bankman-Fried (yang dipenjara akibat penipuan di crypto exchange FTX], serta secara langsung memperkaya orang dalam saat melakukan lindung nilai atas alokasi terkunci mereka dengan penilaian tinggi sebelum token unlock melalui [penjualan] over-the-counter (OTC). Namun, sayangnya investor ritel masih berpikir mereka mengalahkan sistem dengan mencoba mendorong harga naik,” catat DeFi^2.

Dia mengingatkan bahwa sebagian besar pembeli ritel mungkin bahkan tidak menyadari bahwa Sam Altman, CEO OpenAI, saat ini tidak memiliki keterlibatan aktif dalam Worldcoin serta merupakan entitas yang sepenuhnya terpisah dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan OpenAI.

DeFi^2 menutup tulisannya dengan mengingatkan para pembaca untuk waspada terhadap sejumlah pengumuman yang waktunya diatur secara strategis, antara saat ini dan periode unlock token bagi insiders WLD pada bulan Juli mendatang.

Hal itu kemungkinan besar akan digunakan untuk menciptakan exit liquidity yang menguntungkan bagi para insiders WLD. Ini adalah taktik umum di industri kripto, ketika insiders menggunakan hype dan pengumuman untuk meningkatkan harga aset kripto sebelum menjual kepemilikan mereka, meninggalkan investor ritel dalam potensi kerugian.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *